Masjid Quba

Masjid Quba ini merupakan mesjid pertama yang dibangun oleh Rasulullah maka disinilah pula sholat berjamaah pertama kali dilakukan.
Masjid Quba dibangun oleh Nabi di atas tanah milik Kalsum bin Hadam dari Kabilah Amir bin Auf.
Masjid Quba dibangun oleh Nabi di atas tanah milik Kalsum bin Hadam dari Kabilah Amir bin Auf.Pembangunan masjid ini dilakukan dua kali, yang saat pertama kiblatnya menghadap Baitullah di Mekkah. Adapun pembangunannya dilakukan pada awal kedatangan Rasulullah didesa Quba dalam perjalanan Hijrahnya menuju Madinah yaitu 12 Rabiul Awal tahun ke 13 H (622 M). Masjid ini terletak sekitar 5 km dari Masjid Nabawi, dikaki bukit dengan telaga yang mengalirkan air jernih yang menyuburkan pepohonan dan kebun-kebun sekitarnya.Bentuk masjid ini click here sederhana, terdiri dari suatu ruangan persegi empat, memiliki serambi berdiinding yang diberi atap di bagian mihrab dan ditengah-tengahnya terdapat lapangan terbuka yang kemudian diberi nama “Sahn”.
Tanda kiblat, yaitu merupakan arah sholat dibuat Rasulullah sendiri dari batu. Masjid Quba selain merupakan tempat pelaksanaan sholat jamaah pertama juga sering dijadikan model atau sebagai contoh bentuk dari masjid-masjid yang didirikan kemudian.
Masjid ini disebut masjid Takwa dalam Al-qur’an Surat At Taubah ayat 108 yang artinya :
‘ Janganlah kamu sembahyang dalam masjid itu selama – lamanya. Sesungguhnya masjid yang didirikan atas dasar takwa (Masjid Quba) sejak hari pertama adalah lebih patut kamu bersembahyang didalamnya.
Didalam ada orang-orang yang ingin membersihkan diri, Dan Allah menyukai orang yang bersih”